Rabu, 11 Oktober 2017

Pengaruh Teknologi terhadap Perkembangan Grafik dan Pemodelan


Mata Kuliah  : Desain Pemodelan Grafik 
Nama              : Yuda Aditya Pangestu
NPM               : 57415303
Kelas              : 3IA21
Nama Dosen   : Syefani Rahma Deski



JURNAL 1

Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Pembuatan Desain Pemodelan Grafik

Ada sebuah pengaruh terhadap kebudayaan dan juga teknologi dari suatu desain pemodelan grafis. Budaya yang digunakan sebagai sumber pemikiran utnuk mengembangkan suatu desain grafis. Banyak budaya yang digunakan sebagai desain grafis, contohnya adalah kerajinan kain daerah, keramik dan lain-lain.
Kerajinan kain daerah merupakan warisan turun menurun dari nenek moyang yang indah untuk dijadikan sebagai sumber pikiran dalam melakukan pembuatan desain grafis, contoh perealisasiannya adalah batik dan songket. Sedangkan teknologi pun turut andil dalam perkembangan desain grafis. Dengan semakin majunya perkembangan teknologi maka semakin mudah untuk menciptakan karya desain grafis dengan waktu yang cepat dan dapat menghasilkan lebih banyak desain grafis sehingga lebih mengefisienkan segalanya.
Desain Pemodelan Grafis juga berkaitan erat dengan grafik komputer. Berikut kegiatan yang terkait dengan grafik komputer :
  • Pemodelan geometris yaitu menciptakan model matematika dari objek 2D dan 3D
  • Rendering yaitu memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk
  • Animasi yaitu menampilkan tingkah laku objek bergantung waktu
  • Kerangka Grafik Komputer
  • Graphic library seperti OpenGL adalah perantara aplikasi dan display hardware
  • Application program memetakan objek aplikasi ke citra dengan memanggil graphics library
  • Hasil dari interaksi user menghasilkan dan memodifikasi citra
  • Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, desain, manufaktur, visualisasi dan lain-lain
Pengaruh lain dari kebudayaan dan teknologi desain pemodelan grafis yang lainnya adalah pengiklanan. Pengiklan harus mengetahui peranan yang dimainkan oleh budaya, sub-budaya dan kelas sosial pembeli. Budaya adalah penyebab paling mendasar dari keinginan dan perilaku seseorang. Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan dan perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.
Setiap kebudayaan terdiri dari kumpulan sub-budaya yang memberikan identifikasi dan sosialisasi yang lebih spesifik untuk para anggotanya. Sub-budaya dapat dibedakan menjadi empat jenis: kelompok nasionalisme, kelompok keagamaan, kelompok ras dan area geografis. Banyak sub-budaya membentuk segmen pasar penting dan pemasar sering kali merancang produk dan program pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.



JURNAL 2

Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Pembuatan Desain Pemodelan Grafik

     Budaya dan teknologi sangat berpengaruh dalam pembuatan sebuah desain berbasis grafis. Namun faktor budaya yang memberikan pengaruh paling luas dan dalam. Hal ini dikarenakan budaya adalah penyebab paling mendasar dari keinginan dan perilaku seseorang. Selain itu budaya juga merupakan kumpulan dari nilai – nilai dasar, persepsi, keinginan, dan perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya. Setiap kebudayaan terdiri dari sub-budaya – sub-budaya yang lebih kecil yang memberikan identifikasi dan sosialisasi yang lebih spesifik untuk para anggotanya. Sub-budaya dapat dibedakan menjadi empat jenis: 1. kelompok nasionalisme 2. kelompok keagamaan 3. kelompok ras 4. area geografis Banyak sub budaya membentuk segmen pasar penting dan pemasaran yang sering kali merancang produk dan program pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.
     Sedangkan teknologi memberikan pengaruh yang tidak kalah penting karena desain grafis pada awalnya diterapkan hanya pada media-media statis, seperti buku, majalah, brosur dan hanya terbatas pada media cetak dwi matra (dua dimensi). Sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia (diantaranya audio dan video).Dalam membuat Design Pemodelan Grafis, tentunya ada unsur-unsur yang berpengaruh dan sangat membantu desainer dalam membuat sebuah model grafik. Diantara banyak unsur, ada dua unsur yang sangat berpengaruh, yaitu, kebudayaan dan teknologi.
     Kebudayaan Desainer menggunakan berbagai cara untuk menyampaikan artinya, dan sering kali memanfaatkan norma-norma budaya bersama, nilai-nilai, sejarah dan bahasa. Penggunaan simbol atau tokoh heroik dari masa lalu untuk mendukung atau mewakili sudut pandang atau kualitas tertentu. Selain itu, kebudayaan yang digunakan dalam desain pemodelan grafis secara tidak sengaja telah memberitahukan jati diri desainernya.
     Teknologi Design grafis, seperti disiplin ilmu lainnya, terkait dengan teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media untuk proyek-proyek mereka.

  

Penjelasan Isi dari kedua Jurnal Tersebut:
Pada kedua jurnal tersebut berisi tentang penjelasan bagaimana pengaruh kebudayaan dan teknologi dalam pembuatan desain grafis. Pada keduanya terdapat pengaruh kebudayaan, faktor budaya memberikan pengaruh luas dalam desain pemodelan grafis. Dalam pengaruh teknologi memberikan pengaruh yang tidak kalah penting karena desai grafis pada awalnya diiterapkan hanya pada media-media statis seperti, buku, majalah, brosur, iklan-iklan pada aplikasi-aplikasi didalam smartphone.

Kelebihan:
Berdasarkan pembahasan dari 2 jurnal tersebut materinya mudah dipahami, materinya sangat bagus.
Kekurangan:
Berdasarkan pembahasan tersebut untuk beberapa contohnya perlu ditambahkan sehingga pembaca akan lebih paham.
Kesimpulan:
Pemodelan grafik mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk desain.



Sumber:

2.      Santona.2011. Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam membuat desain   pemodelan grafis.Diambil dari:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengantar Komputasi Modern - Pengantar Quantum Computation

Pengantar Quantum Computation Mata Kuliah  : Pengantar Komputasi Modern # Kelas : 4IA21 Dosen : Natallios Peter Sipasulta ...